Setting Modem menggunakan Nokia 5730 di Ubuntu Lucid Lynx

Setelah iseng-iseng mencoba setting hape saya di Lucid Lynx akhirnya ketemu caranya!!!

Sebenarnya sudah agak lama saya mencoba setting Hape saya Nokia 5730 (STEO) di Lucid. Dulu sempat saya coba konek dengan kabel data maka yang otomatis terdeteksi adalah MMC.nya. baru saya sadari bahwa jika kita mengkoneksikan STEO ke Leptop maka akan terdapat 5 Pilihan:

STEO (Nokia 5730)

STEO (Nokia 5730)

1. PC Suite
2. Mass Storage
3.Image Transfer
4.Media Transfer dan
5.Connect PC to Web.

Setelah saya coba-coba maka kemungkinan terbesar untuk menjadikan STEO sebagai modem  adalah PC Suite dan Connect PC to the Web. Opsi Connect PC to the web sudah saya coba dengan menggunakan wvdial tetap tidak bisa. Saya juga mencoba mendeteksi apakah STEO saya terbaca oleh Lucid dengan perintah tail /var/log/messages tetap tidak ada tanda-tanda yang menggembirakan. Hanya tiba2 keisengan yang saya lakukan membuahkan hasil… Kagetnya… saya tidak mengira akan semudah ini… 😀

Saya mencoba konek STEO dengan kabel data dan memilih PC Suite sebagai Profile Koneksi. Maka akan secara otomatis muncul Interface Set up a  Mobile Broadband Connection dan Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama kita memilih device, dalam hal ini Hape saya Nokia 5730

2. Pilih Negara Penyedia Layanan

3.Memilih Layanan Operator (dalam hal ini saya menggunakan Indosat m3)

4.Masukkan setingan APN (untuk M3 dapat mengisikan http://www.indosat-m3.net)

5. Konfirmasi Settingan

Setelah kita mengkonformasi dengan menekan tombol Apply maka akan muncul profile Mobile Broadband di Network Connection kita dengan nama profile sesuai dengan yang kita buat. Cara koneksi sama dengan jika kita konek ke jaringan wireless, tinggal pilih Profile yang kita inginkan maka otomatis kita sudah terhubung dengan Koneksi Mobile Broadband kita.

NB: Pastikan Settingan GPRS di HP anda sudah berfungsi. Berikut setingan gprs manual untuk indosat m3

– Connection name : M3-GPRS
– APN / Access point name : http://www.indosat-m3.net
– User name : gprs
– Password : im3
– Authentication : Normal
– Homepage : http://wap.indosat-m3.net
– IP address : 010.019.019.019
– Port : 9201 (standard), 8080 (proxy)

Selamat ber Mobile Ria… 😀

Leave a Reply

